Selasa, 28 November 2023

MENU DAN IKON MICROSOFT OFFICE

 1.File.

Pertama adalah menu file, disini terdapat berbagai perintah dasar dan ada juga bagian untuk menyesuaikan pengaturan lembar kerja.

  • Save : Untuk menyimpan dokumen word yang telah kita kerjakan.
  • Save As : Hampir mirip seperti save, namun fungsinya adalah menyimpan sebagai dokumen dengan nama baru.
  • Open : Membuka file dokumen yang sebelumnya telah kita simpan.
  • Close : Menutup dokumen yang sedang kita buka.
  • Info : Menampilkan rincian info terkait dengna dokumen yang sedang dikerjakan.
  • Recent : Menampilkan daftar dokumen yang baru-baru ini dibuka/diedit.
  • New : Membuat lembar kerja MS word baru.
  • Print : Untuk mengeprint dokumen yang telah kita buat.
  • Save and Send : Berfungsi untuk menyimpan dokumen kemudian mengirimnya lewat email ataupun diposting ke website.
  • Help : Menu bantuan apabila ada masalah pada Microsoft Word.
  • Option : Berisi berbagai menu untuk melakukan penyesuaian terhadap dokumen.
  • Exit : Berfungsi untuk menutup aplikasi MS Word.
2.Home
Clipboard : Ribbon group ini terdiri dari beberapa ikon yang umumnya berfungsi untuk mengcopy ataupun memindah elemen dalam dokumen.

•Paste : Ikon ini memiliki fungsi untuk menempelkan suatu teks ataupun objek (gambar, tabel dll) yang sebelumnya telah di copy atau cut.
•Cut : Berfungsi untuk memindah dan memotong teks ataupun objek (gambar, tabel dll).
•Copy : Berfungsi untuk menyalin dan mengcopy teks ataupun objek (gambar, tabel dll).
Format Painter : Kita bisa menggunakannya untuk meniru/menyalin format halaman dan menggunakannya di halaman lain.

Font : Ribbon group yang terdiri dari berbagai ikon untuk mengubah dan menyesuaikan font baik itu warna, ukuran, jenis dan berbagai efek lainnya.

Font : Kita bisa memilih jenis dan gaya huruf pada bagian ini.
•Font Size : Berguna untuk mengubah dan menyesuaikan ukuran huruf pada dokumen.
•Grow Font : Berfungsi untuk menambah/memperbesar ukuran font.
•Shrink Font : Berfungsi untuk mengurangi/mengecilkan ukuran font.
•Change Case : Untuk mengubah penggunakan huruf kapital pada teks yang dipilih.
•Clear Formatting : Menghapus/memformat pengaturan yang telah diterapkan pada sebuah teks.
•Bold : Memberikan efek tebal ada huruf.
•Italic : Memberikan efek miring pada teks.
•Underline : Memberikan efek garis bawah pada teks.
•Strikethrough : Memberikan efek coretan di tengah teks.
•Subscript : Untuk membuat format pangkat diatas.
•Superscript : Untuk membuat format pangkat dibawah.
•Text Effect : Untuk membuat teks dengan berbagai efek.
•Text Highlight Effect : Untuk membuat semacam efek stabilo.
•Font Color : Berfungsi untuk mengubah serta memilih warna dari teks/huruf.

Paragraph : Ribbon group yang berisi berbagai ikon dengan fungsi untuk mengatur dan menyesuaikan paragraph pada dokumen.

Bullet : Untuk menambahkan bullet dan berbagai tanda lainnya pada format listing.
Numbering : Berfungsi menambahkan penomoran urut secara otomatis.
Decease Indent : Untuk menggeser paragraph ke bagian kiri.
Increase Indent : Untuk menggeser paragraph ke bagian kanan.
Left : Membuat teks menjadi rata kiri.
Alignment Center : Membuat teks menjadi rata tengah.
Alignment Right : Membuat teks menjadi rata kanan.
Justify : Membuat teks menjadi rata kanan kiri.
Line and Paragraph : Mengatur dan menyesuaikan jarak antar baris.
Shading : Untuk mengubah warna latar belakang teks.
Border : Menambahkan garis tepi/border pada teks yang telah dipilih.00

Style : Ribbon Group yang terdiri dari berbagai text formatting yang telah disetting sedemikian rupa sehingga bisa digunakan secara cepat dilain waktu tanpa harus mengaturnya kembali.

Editing : Ribbont Group yang berisi beberapa ikon untuk melakukan editing terhadap dokumen.

Find : Berfungsi untuk mencari dan menemukan kata tertentu dalam dokumen.
Replace : Untuk menemukan kata tertentu kemudian menggantinya dengan kata lain.
Select : Untuk memilih/memblock teks pada dokumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar